Jumat, 02 Desember 2011

Kesepakatan Lion Air-Boeing Terbesar


Amerika akan meningkatkan ekspornya dua kali lipat.

Jum'at, 18 November 2011, 13:25 WIB
Presiden AS Barack Obama (REUTERS/Larry Downing)

         
              Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut baik kesepakatan Lion Air dengan Boeing senilai US$21,7 miliar atau sekitar Rp195 triliun. Obama mengatakan kerjasama ini merupakan kesepakatan bisnis terbesar.

"Ini merupakan kesepakatan bisnis terbesar, kalau saya tidak salah, yang pernah dibuat Boeing. Akan ada lebih dari 200 pesawat terbang yang akan dijual," ujar Obama pada penandatanganan perjanjian komersil antara Boeing dan Lion Air, di Grand Hyatt Bali, Jumat, 18 November 2011.

Dalam pernyataan pers Kedubes AS, Obama mengatakan kerjasama ini merupakan contoh investasi perdagangan dan peluang komersial yang ada di kawasan Asia Pasifik. Kesepakatan ini terjadi karena dukungan pemerintah Amerika dan Ex-Im Bank. Kesepakatan ini juga sesuai tujuan jangka panjang Amerika yaitu meningkatkan ekspor AS dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan.

Obama juga memuji Lion Air sebagai maskapai penerbangan dengan pertumbuhan tercepat tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Dengan kerjasama itu, Boeing juga akan menghasilkan lebih dari 100.000 pekerjaaan di Amerika Serikat untuk jangka panjang.
"Saya mengucapkan selamat kepada Lion Air atas keberhasilan mereka yang luar biasa. Selamat juga untuk Boeing yang membuat pesawat terbang hebat, termasuk yang saya tumpangi ini," ujar Obama yang disambut tawa hadirin.

Menurutnya kerjasama ini merupakan contoh win-win situation. Masyarakat akan memperoleh manfaat dari maskapai penerbangan yang baik. Selain itu, pekerja di Amerika juga akan memperoleh keamanan pekerjaan dan dapat menghasilkan produk buatan Amerika yang bagus.

Seperti diketahui, kesepakatan terbesar Boeing sebelumnya dilakukan dengan maskapat Emirates Airlines yang menandatangani perjanjian kerja senilai US$18 miliar (Rp161,28 triliun) untuk memasok maskapai sebanyak 50 pesawat. Sementara kesepakatan Boeing dengan Lion Air sebesar US$21,7 miliar (Rp195 triliun) dengan 230 pesawat. (umi)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More